Home » Blog » Indahnya Pernikahan

Indahnya Pernikahan

Monday, December 17th 2012. Posted in Blog

etalasesouvenirPernikahan berarti pengikatan janji nikah yang dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

Banyak orang yang berkata saya belum siap menikah, lalu kalau trus saja tidak siap, kapan siapnya?

Nah, agar anda siap, saya sarankan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buatlah persepsi dalam diri anda bahwa menikah itu indah

Pernikahan dapat berarti menyatukan kedua insan dalam ikatan yang sah/halal baik itu menurut agama, hukum, maupun sosial. Jadi dengan menikah itu berarti kita tidak sendiri lagi dalam mengarungi kehidupan, baik senang, susah,dll. Jika sendiri pun kita sudah kuat, apalagi berdua?.

2. Kenalilah baik-baik pasangan anda

Semakin kita mengenal pasangan kita,semakin kita jauh dari yang namanya perceraian. Kenapa?, karena manusia cenderung akan kecewa jika apa yang dia peroleh tak sama dengan apa yang dia inginkan. Begitu pula dengan pasangan, jangan sampai kita kecewa setelah menikah

3. Tanamkan azam dan komitmen pada diri anda dan pasangan anda

Ingatlah, pernikahan itu sakral dan tidak bisa dianggap main-main. Menikah bukan seperti membeli barang, disaat kita bosan atau rusak maka kita bisa membuangnya. Tidak bisa! Kita tidak bisa menggonta-ganti pasangan begitu saja sekehendak hati kita

4. Buatlah rencana untuk setelah menikah

Ini penting, jangan sampai kita bingung menentukan tempat tinggal, mau bagaimana setelah menikah, dll. Buatlah persetujuan antara kedua belah pihak, sehingga terjalin kesepakatan yang mengurangi persengketaan setelah menikah.

5. Tentukan tanggal pernikahan anda

Pilihlah tanggal yang tidak berbarengan dengan jadwal penting anda yang lain. Karena tentu saja hal itu akan sangat mengganggu. Jangan sampai pernikahan anda batal karena hal ini.

6. Persiapkan pernikahan anda dengan matang

a. Mulailah tentukan siapa saja yang akan anda undang

buatlah daftar lalu beri tanda checklist pada daftar orang yang penting. Hal ini perlu, karena mereka yang lebih penting cenderung diutamakan baik itu perihal pengantaran undanngan maupun undangan itu sendiri. Nah, untuk pemesanan undangan, saya sarankan dari jauh-jauh hari, misalnya 2 bulan sebelum hari H. Agar anda tidak repot jika harus pergi kemana-mana mencari kartu undangan yang cocok, pemesanan secara online akan sangat membantu anda,karena selain hemat uang, tenaga, hal ini juga dapat menghemat waktu anda. Anda bisa memesan kartu undangan ke kartuundanganpernikahanmurah.com dan untuk Souvenirnya Anda bisa memesannya di sini

b. Pilihlah tema pernikahan anda

Dari tema yang anda tentuka ini, anda dapat secara gampang menentukan tempat, gaun, hiburan maupun hidangan makan pada acara pernikahan anda.

c. Tentukan tempat resepsi dan akad nikah yang akan dilangsungkan.

Pilihlah tempat yang strategis yang mudah ditemukan oleh para undangan anda, karena akan jadi hal yang lucu jika orang yang anda undang tersesat tidak tahu dimana acara dilangsungkan.

d. Pilihlah gaun pernikahan

Biasanya pakaian pengantin yang dikenakan sesuai dengan adat dari masing-masing kedua belah pihak. Misalnya calon istri berasal dari jawa, maka adat dan pakaian yang digunakan menggunakan tradisi jawa, begitu pun sebaliknya. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan jika kita menginginkan gaun yang sesuai dengan tema yang kita tentukan.

e. Tentukan hidangan yang akan disajikan

Ini nih yang buat saya laper, hehe. Biasanya budget makanan ini lumayan gede, makanya kita harus cermat memilih menu makanan yang hemat tapi tidak mengecewakan. Siapkan budget anda untuk menu makanan ini, membiasakan diri untuk disiplin dan sesuai rencana (budget) akan sangat membantu anda

f. Tentukan hiburan yang akan ditampilkan

Hiburan bisa jadi salah satu faktor penikahan anda dianggap menarik atau tidak. Pilihlah hiburan yang tidak membosankan, namun tidak pula keluar dari koridor agama, moral, maupun hukum.

g. Bentuklah panitia

Adanya panitia sangat membantu anda untuk kesuksesan dan kelancaran acara pernikahan anda. Pilihlah orang-orang yang kira-kira bertanggung jawab sesuai dengan perannya masing-masing.

7. Hapalkanlah kata-kata sakral yang akan menjadi tolak ukur sah atau tidaknya pernikahan anda

Banyak pasangan yang harus berulang kali mengucapkan kata kabul karena merasa gugup.

Jangan sampai pernikahan anda seperti video di bawah ini: